Menu Close

Dinamika Menuju SMK 4.0

Revolusi industri 4.0 tidak dapat dielakkan lagi. Ia telah mengubah segala aspek kehidupan. Dunia industri dan tenaga kerja menjadi sektor yang terpengaruholeh revolusi industri 4.0. Lantas, sejauh mana kesiapan kita dalam menghadapi perubahan ini? Sejauh mana kesiapan sektor pendidikan kita dalam menyiapkan SDM untuk menghadapi tantangan disrupsi pada era industri 4.0?

Buku yang memuat dinamika SMK dalam menghadapi revolusi industri 4.0 memaparkan sejarah perkembangan SMK dari masa kolonial, orde baru, orde lama, hingga masa revitalisasi SMK. Gagasan-gagasan mengenai arah SMK dalam menghadapi pekembangan teknologi, teknologi informasi, dan tantangan disrupsi dibahas dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga memuat gagasan mengenai kurikulum hingga manajemen SMK dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Penulis berharap,
gagasan-gagasan yang tertuang dalam buku ini menjadi ikhtiar untuk menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Buku ini masih terbuka untuk selalu disempurnakan. Masukan yang konstruktif merupakan hal yang berharga bagi penulisan buku selanjutnya. Penulis mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak dalam  enyelesaian buku ini. Buku ini dihibahkan oleh penulis untuk Masyarakat Indonesia, dengan harapan dapat menjadi amal jariyah berupa Ilmu yang bermanfaat. sebagai Semoga buku ini bermanfaat bagi pendidikan Indonesia!

Silahkan unduh dan dimanfaatkan sebagai sitasi/sumber kutipan dalam penulisan ilmiah.

Klik –> Download Buku <<—

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *