Menu Close

Faktor-faktor yang Memengaruhi Efektivitas Sekolah dengan Kemandirian Sekolah sebagai Variabel Intervening menggunakan Pendekatan Partial Least Square

Pemerintah mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melakukan transformasi organisasi untuk menjadi SMK Badan Layanan Umum Daerah (SMK-BLUD). Melalui BLUD, SMK yang memiliki produk-produk unggulan dapat mengelola keuangan dan proses produksi secara lebih fleksibel tanpa melanggar peraturan sehingga efektivitas sekolah dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktorfaktor yang memengaruhi efektivitas sekolah SMK-BLUD melalui kemandirian sekolah menggunakan analisis PLS-SEM.

Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 231 responden dari siswa, guru, kepala sekolah, dan panitia di 25 SMK-BLUD di Jawa Timur dan DKI Jakarta. Diketahui bahwa variabel fokus pada pelanggan, fokus pada proses, dan perbaikan berkelanjutan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah. Selain itu, dengan adanya kemandirian setiap sekolah, secara tidak langsung juga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah. Hasil pemodelan ini menunjukkan nilai Predictive Relevance (Q2) sebesar 0.965, artinya model ini memiliki Predictive Relevance yang baik.

Untuk lebih detailnya….silahkan download jurnal pada link di bawah ini.

Klik –>>Jurnal 02 <<–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *