Menu Close

The Strategy Improving School-based Enterprise: An Analytic Hierarchy Process Approach in Vocational School

Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi peningkatan efektivitas sekolah kejuruan berbasis perusahaan dengan menerapkan Tata Kelola Sekolah/School Governance (SG) dan Manajemen Kualitas Total (TQM). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menententukan strategi yang tepat.

Subjek penelitian melibatkan tujuh orang ahli yakni dari Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Kepala Sekolah SMK DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Timur, perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri RI, praktisi usaha berbasis sekolah vokasi, LSM Peduli sekolah kejuruan, dan praktisi industri.

Keputusan ahli dikumpulkan dengan menggunakan alat bantu kuesioner perbandingan berpasangan, kemudian analisis dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Expert Choice  V11. Pendekatan AHP dimulai dengan menentukan tujuan, kriteria, atribut, dan alternatif yang ditawarkan. Terungkap bahwa Strategi peningkatan Tata Kelola Sekolah yang terbaik adalah dengan meningkatkan efektivitas sekolah kejuruan berbasis perusahaan.

Untuk lebih detailnya…Silahkan Download Jurnal Penelitian tersebut pada link di bawah ini.

Klik —>> Jurnal03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *