Menu Close

3 Skenario Permainan Leadership

Ahli Game Theory mengklaim bahwa mereka dapat memprediksi perilaku manusia dan hasil dari perilaku tersebut dengan menentukan skenario sosial. Mereka membagi menjadi tiga skenario : (1) positive-sum; (2) negative-sum dan (3) zero-sum. Selanjutnya, Para pelaku bisnis dan manajemen telah menerapkan ide dari ketiga jenis skenario tersebut  ke dalam kehidupan organisasi. Metafora skenario ini dapat memberikan wawasan yang berguna tentang perilaku leadership dan hasil yang diharapkan.

1. Positive Sum Game

Skenario kepemimpinan Positive-Sum Game mencapai hasil yang baik untuk semua peluang WIN/WIN yang meningkatkan sumber daya untuk semua anggota organisasi.

2. Negative Sum Game

Skenario kepemimpinan Negative-Sum Game adalah skenario bertahan hidup yang dimainkan dalam lingkungan yang sangat kompetitif di mana total sumber daya berkurang – dalam skenario ini bahkan pemenangnya hanya bertahan; yang kalah dalam masalah serius dan mungkin tidak bertahan sama sekali.

3. Zero Sum Game

Skenario kepemimpinan Zero-Sum Game memastikan bahwa satu individu, kelompok, tim, atau organisasi menang dengan mengorbankan anggota tim lain – peluang WIN/LOSS di mana sumber daya tetap sama tetapi dialihkan dari satu pihak ke pihak lain.

Berbagai jenis skenario ini muncul dalam perilaku kepemimpinan setiap kali orang berbicara tentang kepemimpinan. Situasi yang berbeda membutuhkan pemimpin untuk mengedepankan aspek kepemimpinan mereka yang berbeda, terlibat dalam skenario yang berbeda. Seperti yang terjadi pada strategi olahraga, dimana terlihat secara jelas bagaimana kerja tim, kerja sama, kompetisi, individualisme, mengoper, menahan, mendukung, mendorong, dan menipu. Hal itu memberikan gambaran atau metafora kepemimpinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *